Pengertian Dan Kegunaaan Pendapatan Perkapita Dalam Suatu Negara

 

kegunaan pendapatan per kapita

 Teman-teman kali ini admin akan menjelaskan tentang pendapatan per kapita, apasih kegunanan pendapatan per kapita?, Nah sebagai contoh saja kita mengambil negara Brunei Darussalam ya teman teman. Negara Brunai Darusalam adalah salah satu negara yang hanya mengandalkan sektor Minyak dan Perdagangan tetapi memiliki pendapatan perkapita yang tinggi karna mampu menyimbangkan pendapatann nasional dengan pengeluarannya. 

Oke kita lanjut ke pengertian dan kegunaan pendapatan perkapita ya teman teman.

1. Pengertian dan Kegunaan Pendapatan per kapita. 

"Pengertian Pendapatan per kapita adalah Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara. Variabel yang digunakan untuk menghitung pendapatan per kapita adalah Produk Domestik Bruto (pendapatan nasional) dan jumlah penduduk. Secara matematis, rumus penghitungan pendapatan per kapita adalah sebagai berikut.


Pendapatan per kapita :  PendapatanDomestik Bruto (PDB)
                                                    Jumlah penduduk

  

 baca juga ;      Sejarah Awal Mulai Kerajaan Sriwijaya Sampai Keruntuhan Sriwijaya                                   

 B. Kegunaan Perhitungan Pendapatan per Kapita

Sebagai indikator ekonomi yang mengukur tingkat kemakmuran penduduk suatu negara, pendapatan per kapita dihitung secara berkala (periodik), biasanya satu tahun. Manfaat dari penghitungan pendapatan per kapita antara lain adalah sebagai berikut :

(1) Digunakan untuk melihat tingkat perbandingan kesejahteraan masyarakat suatu negara dari tahun ke tahun. Pada tahun 2010, menurut data BPS, pendapatan per kapita penduduk Indonesia Rp23,9 juta. Ada kenaikan sebesar 14% dibanding tahun sebelumnya. Tahun berikutnya, yakni pada tahun 2011, pendapatan per kapita masyarakat kembali meningkat menjadi Rp27,4 juta. Peningkatan sebesar 14,6% dibanding tahun 2010. Pada tahun 2012, pendapatan per kapita itu sudah mencapai Rp30,6 juta. Kenaikannya sebesar 11,6%.

 (2) Menjadi data perbandingan tingkat kesejahteraan suatu negara dengan negara lain. Dari pendapatan per kapita masing-masing negara, dapat dilihat tingkat kesejahteraan tiap negara. Pada daftar pendapatan per kapita di Tabel 1.3, pada halaman berikutnya, terlihat bahwa pendapatan Singapura US$56.289 dan Indonesia US$3.491. Dari daftar itu terlihat bahwa pendapatan per kapita Singapura 16 kali lebih besar daripada pendapatan per kapita Indonesia. Data itu tidak salah karena tingkat kesejahteraan rakyat Singapura jauh lebih tinggi daripada kesejahteraan rakyat Indonesia.

(3) Menjadi perbandingan tingkat standar hidup suatu negara dengan negara lainnya. Dengan mengambil dasar pendapatan per kapita dari tahun ke tahun, dapat disimpulkan apakah pendapatan per kapita suatu negara rendah (bawah), sedang, atau tinggi. Menurut data yang dikemukakan Bank Dunia, Indonesia saat ini berpendapatan menengah bawah.

(4) Menjadi data untuk mengambil kebijakan di bidang ekonomi. Pendapatan per kapita dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah di bidang ekonomi.


Nah itulah ringkasan pengertian dan kegunaan pendapatan perkapita ya teman-teman, semoga mudah dipahami dan mudah dimengerti dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel artikel sebelumnya ya teman-teman supaya menambah wawasan pengetahuan kita. Oke Cukup sekian Terima Kasih

 baca juga ; 

 

 


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
ekonomi,pelajaran sekolah sma