Tips dan Cara Supaya Semangat Belajar Meningkat

Tips dan Cara Supaya Semangat Belajar Meningkat dan tidak malas

Jadi bagaimana caranya supaya tetap termotivasi supaya Semangat belajarnya? dan tidak mudah malas? mau tahu caranya Ayo kita simak sampai habis, 

Bagaimana caranya supaya semangat belajar? banyak orang yang lesuh atau malas saat belajar, dan mungkin mereka belajar hanya untuk menghadapi ulangan saja,berikut cara cara supaya semangat belajar,

cari tahu dulu apa sebetulnya alasan kamu belajar

motivasi itu harus datang dari dalam dari diri kita sendiri bukan karena paksaan nya orang tua bukan karena dipaksa sama guru, tapi harus dari dalam diri kita sendiri, kamu bisa tahu kira-kira kamu mau belajar itu karena apa?, bisanya kamu mau supaya hidup kamu nggak gini gini aja, nanti hidup harus lebih baik daripada sekarang, kalau saya dewasa saya nggak mau hidup susah, saya nggak mau bikin susah orang lain, Saya mau supaya saya bisa jadi berkat bagi banyak orang, supaya hidup saya ni bisa jadi apa berkat Buat orang-orang di sekitar saya,

 gimana caranya ya saya harus terus terusan  belajar? kalau saya belajar dengan sungguh-sungguh itu artinya nanti hidup saya akan lebih baik, kalo kamu motivasinya benar, motivasi yang keluar dari diri kamu, itu udah betul, kamu belajarnya Enggak kan terpaksa nggak harus dipaksa sama orang tua nggak harus dipaksa sama guru baru mau belajar, Tapi karena kamu memang kepingin untuk belajar, kalau motivasinya udah benar kamu marah kan jadi ketagihan nanti belajarnya Percaya deh.

 ubah dulu cara Kamu berpikir, 

Supaya semangat belajar kamu naik Jangan berpikir bahwa belajar itu adalah suatu beban, belajar itu bosen, belajar itu bikin capek, belajar itu nggak enak, ubah dulu cara Kamu berpikir jangan punya cara berpikir yang seperti itu, Kamu masih rubah dulu cara berpikir kamu, kamu masih berpikir bahwa belajar itu adalah sesuatu yang menyenangkan, ya Gimana caranya supaya belajar jadi menyenangkan?, ini saya kasih tahu caranya.

  •  pertama bersihin dulu meja belajar kamu, beresin habis itu kamu bikin tempat itu jadi tempat yang nyaman buat kamu belajar kalau udah baru kamu mulai, matikan hp-nya taruh hp di tempat yang jauh Jangan taruh hp dekat-dekat, taruh bikin jadi flight mode on atau Matikan ya sekalian hp-nya.

  • kalau udah, kamu pasang musik instrumental yang pelan aja, yang bikin yang bisa bantu kamu untuk konsentrasi atau kalau nggak makek sih juga nggak papa, tapi ini bisa bantu kamu juga untuk konsentrasi.

  • Nah kalau udah kamu Pasang alarm, pasang alarm satu jam, Soalnya kamu kerjakan 1 jam, kalau satu jam alarmnya bunyi kamu berhenti dulu belajarnya, tapi kalau kamu masih bisa belajar lagi pasang lagi alarm saya Tiga Puluh Menit, kamu lanjutin lagi belajarnya tapi kalau menurut kamu udah cukup, Oke berarti kamu bisa istirahat kamu jalan jangan dulu, keluar rumah rileks sebentar, boleh buka HP sebentar aja, tapi kemudian kamu mau balik lagi Pasang alarm lagi, belajar lagi jadi kamu nggak stress terus-terusan harus belajar baca buku terus lama-lama kan capek ya, tapi kalau kamu juga bolak-balik ngecek handphone ya, kamu juga nggak akan bisa fokus gitu Jadi yang kamu harus lakukan Pasang alarm.


Kamu harus bisa Tentukan cara belajar yang seperti apa yang menurut kamu asik

karna masing-masing orang itu cara belajarnya beda-beda, ada orang yang lebih gampang mengingat secara audio, dia lebih gampang kalau dengar pangkalan secara audio, berarti kamu bisa rekam suara kamu sendiri terus nanti kamu dengerin, sekarang yang lagi bagus banget sih sekarang anak muda bikin kayak ruang guru, ini bukan iklan ya tapi ruang guru gitu kan bisa belajar gitu, sembari dengerin apa di handphone sambil dengerin kakaknya menjelaskan itu juga bagus. atau kalau misalnya kamu lebih suka belajar secara visual secara gambar, bikin skema besarannya dulu dari bab yang sedang kamu pelajari itu, tentang apa sih kamu gambar-gambar gitu, biasanya kalau kita lihat gambar gitu kita lebih gampang mengingatnya atau bisa juga kamu pakai memory. 

  • ringkas poin poin penting

Nah jadi misalnya ada 5 poin yang harus kamu pelajari bikin singkatan yang gampang supaya kamu mudah ingat, bisa atau 22 dua huruf di depannya juga bisa. jadi kamu bikin jadi kata-kata yang gampang kamu ingat Atau bisa juga kalau seandainya kamu bisa juga meringkas meringkas dulu, satu bab itu isinya tentang apa aja sih?,  diringkas dulu bener-bener sampai detail ya poin-poinnya aja ya nah abis itu baru kamu gampang tuh belajarnya atau lebih gampang lagi.

  • belajar praktek di depan umum

kalau kamu bisa pura-pura jadi guru ini lebih gampang mengingat, dengan cara ini kamu bisa misalnya dulu saya pernah satu kali saya lagi mau sertifikasi di kantor, anak-anak saya nih dua anak ini masih kecil-kecil, mereka serut duduk di depan saya terus saya ajarin mereka Apalagi saya pelajari itu anak2 kecil lucu-lucuan. itu mereka cuma dengerin aja sambil bingung mau ngomong apa tapi dengan begitu saya sampai ketawa-ketawa saja diingat apa yang sekarang saya sedang pelajari gitu ya Jadi kamu bisa juga kamu enggak ada juga kamu bisa sambil ngaca lihat aja diri kamu sendiri, sambil belajar sambil ngajak kamu lagi sebutin poin 1 poin 2 poin 3 halaman gampang tuh ingatnya

baca juga : Cara Mudah Mengingat Isi dari Buku yang Telah Di Baca

baca juga ; Tips Dan Cara Mengajar yang Tepat dan Efektif juga Menyenangkan

kira-kira apa aja sih yang bisa kamu pakai caranya itu tergantung kalian masing-masing lebih gampang mengingat Dengan cara bagaimana, Oke jadi tadi saya udah cerita tentang belajar itu harus gampang, dan harus bisa dengan cara yang asyik, jadi belajar itu harus fun nggak boleh bikin belajar jadi beban dan belajar harus keluar dari hati kamu sendiri. motivasinya harus dari kamu sendiri kenapa kamu mau belajar karena kamu mau hidup lebih baik di masa depan bukan untuk orang lain tapi untuk kamu sendiri, jadi tetap semangat dan jaaga terus kesehatan.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Life Style,Tips & Trik